Kamis, 12 Februari 2015

Pengobatan Islami

Berobat adalah sunnah (kebiasaan) para Nabi dan orang-orang Shalih, termasuk pula Rasulullah Muhammad SAW, bahkan beliau memerintahkan :“Berobatlah kalian wahai hamba-hamba Allah, karena Allah SWT tidak menciptakan penyakit melainkan juga menciptakan obatnya, kecuali satu penyakit saja yaitu penyakit tua”. (HR. Abu Daud)”.
Pengobatan ala Nabi biasa dikenal dengan sebutan Thibun Nabawi sekitar abad ke-13 yang diperkenalkan oleh Syekh Ibnu Qoyyim Al Jauziah didalam kitabnya Zaadul Maad. Thibbun nabawi mengacu terhadap semua perkataan, pengajaran, dan tindakan Rasul yang berkaitan dengan pengobatan atau penyembuhan suatu penyakit. Termasuk tindakan medis yang dilakukan sahabat atau orang pada zaman Rasul. Pengobatan Ala Nabi dapat diyakini dan bersifat pasti (qath’i) karena berasal dari wahyu dan misykat Nubuwwah, bernuansa illahiah, alamiah, dan ilmiah yang berasal dari kesempurnaan akal melalui proses berfikir (aqliyah).
Prinsip-prinsip pengobatan dalam islam yaitu:
1.   Keyakinan bahwa yang menyembuhkan adalah Allah SWT. Pengobatan harus dilakukan secara ihsan dan sesuai dengan syari’at islam (Al-Qur’an dan As-Sunnah).
2.   Menggunakan obat halal dan thoyyib (baik), serta tidak sekali-kali menggunakan obat-obatan yang haram atau tercampur dengan bahan yang haram.
3.   Pengobatan yang tidak membawa mudharat (bahaya), tidak mencacatkan (merusak) tubuh.
4.   Tidak berbau takhayul, khurafat, dan bid’ah.
5.   Mencari yang lebih baik, berdasarkan kaedah Islam dan ilmu-ilmu perobatan.
6.   Mengambil sebab melalui ikhtiar (berusaha) serta tawakal (berserah diri).

Tujuan pengobatan  Thibbun nabawi yaitu melakukan preventif (pencegahan) dan kuratif (pengobatan)
a.     Preventif (pencegahan) meliputi:
1. Ibadah : shalat tahajud, puasa sunnah,
2. Menjaga kebersihan dan kesucian : kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan.
3. Pola dan Tata Cara Makan : pastikan makanan yang didapatkan adalah halal dan baik (thayyib) serta tidak mengandung unsur-unsur yang haram, makan sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang, mencuci kedua tangan sebelum makan, makan dengan tenang, tidak tergesa-gesa, dan dengan tempo sedang.
b.    Kuratif (pengobatan)
Macam Pengobatan ala Nabi SAW:
1.  Spiritual Illahiyah (do’a dan dzikir dikenal dengan istilah Ruqyah Syar’iyah)
2.  Materi Natural (obat alamiah seperti madu, zam-zam, zaitun, habbatussauda’, talbinah, kurma, dll)
3.  Bersifat Terapi (Hijamah atau bekam)
4.  Kombinasi dari ketiganya
1.   Spiritual Illahiah
Yang dimaksud dengan obat spiritual adalah obat dari ayat-ayat Al-Qur’an atau do’a-do’a Rasulullah SAW, yang disebut dengan Ruqyah Syar’iyyah. Ruqyah biasanya dilakukan untuk pengobatan penyakit nonmedis yaitu suatu penyakit yang bersifat mistis seperti kesurupan, guna-guna, sihir dan lain-lain. Padahal ruqyah dapat juga dilakukan untuk mengobati penyakit medis, yang sasaran dan tujuannya adalah pengolahan/aktivitas spiritual untuk memperoleh ridho Allah swt dan Syafaatnya Rasullullah saw, sehingga Allah berkenan memberikan kesembuhan melalui energi spiritual atau enegi ilahiah yang bertugas dalam proses penyembuhan terhadap berbagai macam penyakit.
2.   Materi Natural (Obat Alamiah)
a. Madu
b. Zam-zam
c.  Zaitun
d. Habbatussauda
e. Talbinah
f.   Kurma
3.   Terapi
Bekam
Bekam merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang terkontaminasi toksin (racun) atau oksidan dari dalam tubuh melalui permukaan kulit ari. Toksin atau racun adalah endapan racun/ zat kimia yang tidak bisa diurai oleh tubuh
Khasiat dan Manfaat Bekam yaitu:
Mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, sehingga peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.
Meringankan tubuh. Banyaknya darah kotor yang menumpuk di bawah permukaan kulit mengakibatkan terasa malas dan berat. Jika dibekam, tubuh menjadi ringan.
Menajamkan penglihatan. Tersumbatnya peredaran darah ke mata mengakibatkan penglihatan menjadi buram. Setelah dibekam, peredaran darah yang tersumbat kembali lancar dan mata bisa melihat dengan terang.

Menghilangkan berbagai macam penyakit. Rasullulah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan jalan berbekam, seperti: Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran, dan lain lain.

1 komentar:

  1. Is the new SuperLotto Plus' game real? Get $10 FREE for
    The California Lottery 서울특별 출장샵 has officially 경상북도 출장마사지 announced the winner of the $938 million SuperLotto Plus' 경상남도 출장샵 game, according to the 원주 출장안마 California 전라남도 출장안마 Lottery

    BalasHapus